Friday, September 21, 2012

Little Information : KeyLogger

Banyak orang-orang yang account social media nya kena hack, hmm.. coba ingat-ingat apa pernah login atau pake di PC yang digunakan banyak orang / warnet? Mungkin mereka kena KeyLogger..

KeyLogger adalah aplikasi atau software yang bisa merekam aktifitas pengguna dari komputer dimana KeyLogger itu terinstall, KeyLogger mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard.

keylogger ada yang berbentuk hardware, biasanya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. Ada juga yang berupa flashdisk yang dipasang pada USB (software kali yang ini masuknya ya? hehehe)

keylogger yang berbentuk software terinstall pada komputer dengan cara bekerja sembunyi.
Banyak metode yang di gunakan keylogger untuk merekam aktifitas pengguna komputer, ada yang berdasarkan key stroke (merekam langsung semua yang diketikan di keyboard), ada yang memantau clipboard Windows (merekam copy paste yang dilakukan pada komputer), dan ada juga keylogger yang secara terang-terangan memiliki interface yang cantik melalui aplikasi-aplikasi yang sederhana bahkan kompleks, padahal ternyata melakukan logging. Bahkan ada keylogger yang langsung mengirimkan data rekamannya via email ke si pemilik keylogger. Dan mungkin masih banyak lagi cara-cara “logging” aktifitas pengguna dengan memanfaatkan keylogger.



Sebenarnya manfaat keylogger bisa positif, misalnya untuk back-up, atau untuk merekam aktifitas pada komputer untuk karyawan pada perusahaan tertentu, namun banyak juga yang menjadi negatif dengan tujuan mencuri password misalnya seperti password account social media atau e-banking..

Apalagi sekarang aplikasi keylogger banyak yang gratisan tinggal download.. so... beware... hahahahha

Cara sederhana untuk menghindari dampak adanya  keylogger jika memang terpaksa menggunakan komputer yang digunakan oleh banyak orang atau warnet maka jangan iseng buka aplikasi ga jelas hehehehe.. Dan jika membuka account yang menggunakan password gunakan fitur on-screen keyboard (jika windows OS nya hehehehe)
cara cepat nya di windows ==> run ketikkan osk.exe

Dan selalu bersihkan history browser, cara cepat dengan cntrl-shift-del

Untuk informasi lebih lengkap bisa buka link dibawah mengenai keylogger dari wikipedia:
keylogger-wikipedia

No Offence No Hearth Feelings
Semoga Bermanfaat..



No comments: